Kamis, 31 Desember 2015

Langkah-Langkah Membuat Mail Merge pada MS Word


Dalam kegiatan sehari-hari, sering kali kita harus membuat banyak dokumen yang sama dengan isi yang berbeda, misalnya undangan, sertifikat, piagam dan lain sebagainya. Dokumen seperti itu tentu dibuat dalam jumlah yang banyak dengan isi yang sama dan sedikit sekali yang berbeda. Biasanya perbedaan dalam dokumen tersebut misalnya nama, alamat, no telepon, jabatan dan lain-lain.
Dengan adanya kasus seperti di atas, kita dapat memanfaatkan fasilitas pada
 Microsoft Wordyang disebut dengan Mail Merge. Fasilitas Mail Merge digunakan khusus untuk keperluan pembuatan dokumen seperti di atas. Kita cukup membuat satu dokumen dan bagian yang berbeda (nama, alamat, dll) disimpan dalam list file yang berbeda.
Kali ini kita akan belajar untuk membuat sertifikat penghargaan untuk peserta sebuah seminar. Kita akan memasukkan nama dan asal sekolah secara otomatis menggunakan Mail Merge.
Pertama, kita buat format halaman sertifikat menggunakan Microsoft Word. Perhatikan contoh berikut ini:

Langkah-Langkah Membuat Mail Merge pada MS Word

Perhatikan bagian nama dan asal sekolah kita biarkan kosong karena kita akan mengisinya secara otomatis menggunakan Mail Merge.
Langkah berikutnya adalah membuat daftar nama yang akan kita isikan pada sertifikat tersebut. Klik pada menu
 Mailings > Start Mail Merge. Akan muncul pilihan di sisi kanan, pilih Letters > Next : Starting document.
Langkah-Langkah Membuat Mail Merge pada MS Word

Kemudian pilih:
 Use the current document > Next: Select Recipients.

Langkah-Langkah Membuat Mail Merge pada MS Word

Karena kita belum membuat daftar nama penerima dan akan membuat yang baru, maka pilih:
 Type a new list > Create. Akan muncul jendela New Address List. Pada tahap ini telah disediakan data default antara lain Title, First Name, Last Name, dst. Karena kita hanya akan mengisi nama dan asal sekolah, maka kita akan menghapus semuanya dan membuat yang baru. Klik Customize Columns.
Langkah-Langkah Membuat Mail Merge pada MS Word

Hapus semua yang ada di
 Field Names menggunakan tombol Delete.

Langkah-Langkah Membuat Mail Merge pada MS Word









Kemudian tambahkan Nama dan Asal Sekolah dengan mengklik tombol Add.

Langkah-Langkah Membuat Mail Merge pada MS Word

Sehingga akan menjadi seperti ini:

Langkah-Langkah Membuat Mail Merge pada MS Word
Kemudian klik OK.







Sekarang kita dapat mengisi data Nama dan Asal Sekolah, untuk menambahkan data klik New Entry. Cobalah isi beberapa data agar nanti dapat terlihat efek dari Mail Merge.

Langkah-Langkah Membuat Mail Merge pada MS Word

Jika sudah selesai mengisi data, klik OK dan akan muncul jendela pengatan untuk menyimpan file list nama ini, sebagai contoh kita simpan dengan nama daftar_nama, klik Save.
Langkah-Langkah Membuat Mail Merge pada MS Word





Langkah terakhir akan muncul jendela konfirmasi nama dan asal sekolah yang kita isi tadi. Di sini kita dapat memilih nama-nama yang akan kita gunakan dengan memberi tanda check, klik OK.

Langkah-Langkah Membuat Mail Merge pada MS Word

Untuk menggabungkan daftar nama yang telah kita buat ke dalam sertifikat tadi, letakkan kursor di mana kita ingin nama peserta muncul, kemudian pada menuMailings
 klik Insert Merge Field dan pilih Nama. Perhatikan gambar berikut:

Langkah-Langkah Membuat Mail Merge pada MS Word







Lakukan hal yang sama untuk Asal Sekolah sehingga hasilnya seperti ini:

Langkah-Langkah Membuat Mail Merge pada MS Word

Untuk menampilkan nama dan alamat dari daftar yang kita buat tadi, klik
 Preview Result, sehingga muncul nama dan alamat yang sesuai. Anda dapat menggunakan tombol panah ke kiri dan kanan untuk berpindah antar nama.

Langkah-Langkah Membuat Mail Merge pada MS Word

Sampai di sini, kita sudah berhasil membuat Mail Merge pada Microsoft Word. Untuk mencetak seluruh nama-nama tadi, kita tidak perlu menekan tombol print berulang-ulang, cukup dengan satu klik kita dapat mencetak semuanya. Pada bagian
 Finish & Merge pilih Print Documents.
Langkah-Langkah Membuat Mail Merge pada MS Word

Kita dapat mencetak seluruh dokumen sesuai banyaknya nama yang kita isi (All), mencetak nama yang sedang muncul (Current record) atau mencetak pada nomor urut tertentu.
Langkah-Langkah Membuat Mail Merge pada MS Word

Fasilitas Mail Merge pada Microsoft Word ini sangat bermanfaat bagi kita, semoga tutorial singkat ini juga dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar